Laporan Dewan Komisaris

Pemegang saham yang terhormat,

Menteri Keuangan Sri Mulyani seperti yang dikutip media, menyampaikan bahwa pertumbuhan perekonomian nasional kita ditopang oleh resiliensi perekonomian yang kian membaik. Oleh sebab itu, di tengah gunjang ganjing perekonomian global, Indonesia masih mampu mencatatkan pertumbuhan 5,17% dan inflasi terjaga di 3,13%.

Resiliensi menjadi kata kunci yang harus menjadi perhatian kita bersama karena perusahaan pun dituntut untuk bisa memiliki tingkat resiliensi yang kuat menghadapi situasi yang masih belum menentu.

Di tengah ketidakpastian sepanjang tahun 2018, Dewan Komisaris menyampaikan penghargaan kepada Direksi atas resiliensinya untuk menjaga stabilitas kinerja Per seroan. Walaupun Perseroan tidak mencapai target marketing sales seperti yang diharapkan, kami menilai bahwa Direksi telah berupaya maksimal dalam pengelolaan bisnis dan risiko perusahaan. Di akhir tahun 2018 Perseroan bahkan bisa mendapatkan kepercayaan kredit sindikasi dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk senilai Rp 2,8 triliun. Ini sebuah prestasi yang sangat baik. Tantangan yang utama dari industri properti saat ini adalah bagaimana menciptakan demand, memberi dorongan kepada pasar agar melakukan pembelian dan investasi properti.

Dalam menjalin komunikasi yang intensif dengan direksi, dewan komisaris melaksanakan 12 pertemuan dengan direksi sepanjang 2018. Pembahasan permasalahan dilaksanakan secara transparan. Jika ada hal-hal yang perlu didalami dan jika diperlukan, dewan komisaris akan menunjuk perwakilan untuk mendampingi direksi secara lebih intensif. Tata kelola yang dijalankan perseroan semakin baik dan terbuka.

Sepanjang 2018, susunan dewan komisaris tidak mengalami perubahan. Dewan komisaris masih dibantu oleh 3 komite yaitu komite audit, komite remunerasi & nominasi serta komite manajemen risiko dalam menjalankan fungsinya sebagai organ pengawas Perseroan sesuai dengan anggaran dasar Perseroan.

Apresiasi

Dewan komisaris melihat bahwa tantangan 2019 masih sangatlah berat. Semua pihak harus waspada, berkolaborasi dan bekerja keras agar bisa melewati tantangan bersama-sama secara baik. Kami sampaikan apresiasi terhadap kerja keras direksi beserta seluruh jajaran manajemen dan staf Perseroan, termasuk kepada pemegang saham dan seluruh mitra bisnis Perseroan yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan. Kita pasti bisa lewati seluruh tantangan asalkan kita berkolaborasi secara kuat dan kompak.

Salam,

DR. Cosmas Batubara

Komisaris Utama